Selamat Datang di Kampus Hijau STAIN Bengkulu

Kepada semua pembaca Blog.........
Halaman ini merupakan rubrik Humas STAIN Bengkulu, diperuntukan untuk mempublikasikan kegiatan yang diselenggarakan oleh STAIN Bengkulu.
Sebagai salam pembuka, STAIN Bengkulu memiliki empat jurusan, masing-masing:
A. Jurusan Tarbiyah dengan Program Studi: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, PGMA, PGMI dan Pendidikan IPS(S.Pd.I)
B. Jurusan Syari'ah dengan program Studi: Ahwal Syakhsyiyah, Muamalah, Ekonomi Islam (SH.I).
C. Jurusan Dakwah dengan Program Studi: Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan Konsling Islam (S.Sos.I).
D. Jurusan Ushuluddin dengan Program Studi: Filsafat dan Pemikiran Politik Islam, Tafsir Hadis (S.Th.I).
Mulai Tahun ajaran 2008/2009 Insya Allah di Jurusan Tarbiyah akan dibuka tadris Program Studi IPS dan Matematika dan Program Pascasarjana Pendidikan Islam.

Kamis, 14 Februari 2008

Wujud Pengabdian,di Seluma STAIN BENGKULU Luncurkan Al Qur'an Terjemah Berbahasa Serawai


Dipertengahan puasa tahun lalu, Ketua STAIN Bengkulu Dr. Rohimin, M.Ag meluncurkan Al Qur’an terjemah berbahasa serawai di rumah dinas Bupati Seluma Serasan Seijoan bertepatan dengan peringatan Nuzulul Qur’an tahun 2007 di Pemda Seluma. Dalam kesempatan tersebut secara cuma-cuma STAIN Bengkulu menyerahkan 140 eksempelar Al Qur’an terjemah berbahasa Serawai kepada Pemda Kabupaten Seluma yang secara simbolik diterima langsung oleh Bupati Seluma H. Murman Effendi, SE.

Menurut Ketua STAIN Bengkulu Dr. Rohimin, M.Ag dipilihnya bahasa Serawai dalam bahasa terjemahan Al Qur’an pada kesempatan ini, didasarkan atas alasan dan pertimbangan yang matang dan merupakan hasil kajian akademik yang panjang. Sebelum dicetak dan diluncurkan di kabupaten Seluma materi Al Qur’an terjemah berbahasa serawai sudah tiga kali dibahas dalam lokakarya dan sudah di cross cek penggunaan bahasanya kepada masyarakat serawai khususnya masyarakat seluma. “Bahasa serawai adalah bahasa yang mudah dimengerti walaupun kita bukan orang serawai, dan di Provinsi Bengkulu tersebar penduduk yang berbahasa serawai hampir di seluruh wilayah propinsi Bengkulu.”

Ditambahkan oleh Dr. Rohimin, M.Ag, diterbitkannya Al Qur’an terjemah berbahasa serawai ini adalah sebagai wujud aplikasi pengabdian STAIN Bengkulu kepada masyarakat, utamanya dalam rangka menumbuhkan kehidupan keagamaan masyarakat, membumikan Al Qur’an dimasyarakat dengan menggunakan bahasa induk masyarakat itu sendiri, di samping sebagai salah satu bentuk kontribusiun STAIN Bengkulu dan Pemda Seluma dalam rangka membangun citra daerah khususnya dalam bidang keagamaan, walau pada peluncuran kali ini penterjemahan yang dilakukan belum menyeluruh 30 juz, baru terbatas pada tema-tema umum dan surat-surat yang sering digunakan oleh masyarakat.

Hasil konfirmasi terakhir kepada ketua STAIN Bengkulu setelah acara peluncuran Al Qura’an terjemah berbahas serawai, Dr. Rohimin, M.Ag menyatakan, “walaupun penterjemahan yang dilakukan oleh tim masih bersifat tematik, namun direspon positif oleh Pemda Seluma, bapak Bupati berjanji akan memasukkan anggaran belanja penterjemahan Al Qur’an terjemah berbahasa Serawai sebanyak 30 juz pada APBD 2008, dan pada perinsipnya DPRD Seluma setuju.”ditambahkan oleh ketua stain, kedepan kita akan membuat tim lebih besar lagi, untuk kerja yang lebih besar dalam penterjemahan 30 Juz Al Quran terjemah berbahasa serawai, dan kita akan menindaklanjuti respon positif dari pemda Seluma ini dalam bentuk MoU untuk edisi revisi dan terjemahan lengkap,” imbuhnya.

Tidak ada komentar: