Selamat Datang di Kampus Hijau STAIN Bengkulu

Kepada semua pembaca Blog.........
Halaman ini merupakan rubrik Humas STAIN Bengkulu, diperuntukan untuk mempublikasikan kegiatan yang diselenggarakan oleh STAIN Bengkulu.
Sebagai salam pembuka, STAIN Bengkulu memiliki empat jurusan, masing-masing:
A. Jurusan Tarbiyah dengan Program Studi: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, PGMA, PGMI dan Pendidikan IPS(S.Pd.I)
B. Jurusan Syari'ah dengan program Studi: Ahwal Syakhsyiyah, Muamalah, Ekonomi Islam (SH.I).
C. Jurusan Dakwah dengan Program Studi: Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan Konsling Islam (S.Sos.I).
D. Jurusan Ushuluddin dengan Program Studi: Filsafat dan Pemikiran Politik Islam, Tafsir Hadis (S.Th.I).
Mulai Tahun ajaran 2008/2009 Insya Allah di Jurusan Tarbiyah akan dibuka tadris Program Studi IPS dan Matematika dan Program Pascasarjana Pendidikan Islam.

Kamis, 10 April 2008

Sosialisasi Penmaru Ke Penjuru Daerah


Lebih dari 150 SMA/MA Se-Propinsi Bengkulu dan Propinsi Tetangga

WARTA STAIN-Dua minggu terakhir tim sosialisasi STAIN Bengkulu tahun 2008 melaksanakan sosialisasi ke berbagai Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliah sepropinsi Bengkulu dan propinsi tetangga. Kegiatan sosialisasi ini dalam rangka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2008/2009 dan penawaran beberapa beasiswa bagi calon mahasiswa baru STAIN Bengkulu dan jalur seleksi penerimaan mahasiswa. Berdasarkan laporan dari tim sosialisator yang diterima panitia ada sekitar 150 SMA/MA yang dilakukan secara tatap muka melalui presentasi kepada siswa.

Menurut ketua panitia yang juga Pembantu Ketua III STAIN Bengkulu Drs. H. Zulkarnain Dali, M.Pd. “Kegiatan sosialisasi STAIN Bengkulu keberbagai SMA/MA tidak terlepas dari betuk pengabdian yang dilakukan STAIN Bengkulu kepada masyarakat terutama dalam bidang pendidikan, secara sadar kita yakin dari sekolah-sekolah yang sudah kita masuki mereka sudah tahu dan mengenal STAIN Bengkulu dan kiprahnya di tengah-tengah masyarakat. Kepada semua sosialisator yang ke sekolah-sekolah kita himbau untuk memberikan motivasi kepada adik-adik pelajar akan pentingnya menempuh pendidikan diperguruan tinggi, apalagi tantangan globalisasi yang semakin ketat dan sengit terutama ketika bicara peluang dunia kerja.”

STAIN Bengkulu tahun akademik 2008/2009 selain menyelenggarakan Jurusan dan Program Studi tahun 2007/2008, tahun ini juga membuka S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan ada beberapa tawaran beasiswa bagi calon mahasiswa. Beasiswa diberikan untuk 40 orang pertama yang terdaftar sebagai mahasiwa baru dimasing-masing Program Studi pada Jurusan Dakwah dan Ushuluddin dan 40 orang mahasiswa baru Program Studi Ekonomi Islam Jurusan Syari’ah.

Berdasarkan penjelasan dari beberapa tim sosialisator, para pelajar sangat antusias ketika tim sedang melakukan presentasi tentang beasiswa/bantuan pendidikan bagi calon mahasiswa baru terutama seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Penelusuran Potensi Akademik (SPPA).

Kegiatan sosialisasi ini selain dilakukan langsung mendatangi sekolah-sekolah dan presentasi di depan siswa kelas III, sosialisasi STAIN Bengkulu kepada SMA/MA propinsi tetangga juga dilakukan melalui via pos seperti ke propinsi Sumatra Barat, Sumatra Utara dan Lampung hal ini diungkapkan oleh sekretaris panitia sosialisasi Drs. Syamsuddin, M.Pd, “selain melalui sosialisator, sosialisasi ke sekolah-sekolah juga kita lakuan melalui via pos,” ungkapnya (humas-rt).

Tahun Akademik 2008/2009 STAIN Bengkulu menyelenggarakan Program pendidikan sebagai berikut:

No

Jurusan dan Program Studi

Jjg

Gelar

1

Jurusan Syari’ah/Hukum Islam

§ Akhwalus Syaksiyah (Peradilan Agama)

§ Muamalah (Hukum Bisnis)

§ Ekonomi Islam

§ Perbankan Syari’ah

S1
S1
S1
D3

SHI
SHI
SHI
A.Md

2

Jurusan Tarbiyah/Pendidikan

§ Pendidikan Agama Islam (PAI)

§ Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

§ Tadris/Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)

§ Tadris/Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

§ Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar (PGMI/SD)

§ Pendidikan Guru Raudhatul Athfal/Taman Kanak-kanak (PGRA/TK)


S1
S1
S1
S1

S1

S1

S.Pd.I
S.Pd.I
S.Pd.I
S.Pd.I

S.Pd.I

S.Pd.I

3

Jurusan Dakwah/Komunikasi

§ Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)

§ Bimbingan dan Konsling Islam (BKI)

S1
S1

S.Sos.I
S.Sos.I

4

Jurusan Ushuluddin/Pemikiran

§ Filsafat dan Pemikiran Politik Islam (FPPI)

§ Tafsir Hadis (TH)

S1
S1

S.Th.I
S.Th.I

Tidak ada komentar: